Sabtu, 11 Mei 2019

SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN UANG PEMBANGUNAN PADA JEMAAT GMIH ELIM BALISOAN MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI

SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN UANG PEMBANGUNAN PADA JEMAAT GMIH ELIM BALISOAN MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI

KARYA TULIS ILMIAH

 
Oleh :

AGRISTORIA NYONG
125405140243




PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI
POLITEKNIK SAINS DAN TEKNOLOGI WIRATAMA
MALUKU UTARA
2017

KATA PENGANTAR
      Puji dan Syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yesus  Kristus yang telah memberikan rahmat karuniaNya sehingga saya bisa menyelesaikan Proposal penelitian dengan judul “SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN UANG PEMBANGUNAN PADA JEMAAT GMIH ELIM BALISOAN MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI” tepat pada waktunya.
Melalui kata pengantar ini, saya ingin mengucapkan kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril dan meteril sehingga Proposal penelitian ini bisa saya selesaikan. Ucapan terimakasih ini saya sampaikan kepada:
1.      Tuhan Yesus Kristus Sang Kepala Gerakan yang memelihara hidup saya, dan yang telah memberikan saya hikmat, pengetahuan sehingga penulisan KTI ini bisa terselesaikan.
2.      Ibu Marwah Adam S,Ag.MA selaku ketua yayasan Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara
3.      Bapak. Noho Ulidam SE, M.Si selaku direktur Politeknik Sanis Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara
4.      Bapak Muhdar Abdurahman, SE. M.Kom selaku pembibing 1 dan Bapak Arishandy Ambarita, S.Kom. M.Kom selaku pembimbing 2 yang meluangkan waktu untuk membantu dan mengarahkan saya dalam proses penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini.
5.      Kedua Orangtua saya yang selalu mendoakan serta mendukung dan memberikan baik itu secara moril ataupun materil.
6.      Kedua kaka saya yang selalu memberikan semangat serta motivasi dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah  ini.
7.      Livi Pingkan Oktavia Lepe (Onco), orang yang menjadi alasan buat aku untuk memperjuangkan masa depan.
8.      Seluruh dosen Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara yang selama 3 tahun telah memberikan ilmu pengetahuan kepada saya.
9.      Teman-teman seperjuangan angkatan 2014 yang selalu memberikan masukan dan saran sehingga Karya Tulis Ilmiah ini bias terselesaikan.
10.  Teman seperjuangan Komputerisasi Akuntansi angkatan 2014.
11.  Teman-teman Vokal Group Teras yang masih eksis sampai sekarang, dan masih tetap semangat untuk memuji Tuhan.
12.  Teman-teman GMKI Cabang Ternate yang selalu membantu dan memberikan dorongan untuk terus semangat dalam menempuh pendidikan.
Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian
Ut Omnes Unum sint


Ternate, 11 November 2017

Penulis



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................ iii
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ iv
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.................................................. v
HALAMAN PERSEMBAHAN..................................................................... vi
HALAMAN MOTTO...................................................................................... vii
KATA PENGANTAR..................................................................................... viii
DAFTAR ISI................................................................................................... x
DAFTAR TABEL............................................................................................ xiv
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... xv
ABSTRAK....................................................................................................... xvi
ABSTRACT..................................................................................................... xvii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang................................................................................. 1
1.2.       Rumusan Masalah............................................................................ 3
1.3.       Batasan Masalah.............................................................................. 3
1.4.       Tujuan Penelitian.............................................................................. 3
1.5.       Manfaat Penelitian........................................................................... 4
1.6.       Penelitian Terdahulu........................................................................ 5
BAB II LANDASAN TEORI
2.1.       Pengertian Perancangan................................................................... 7
2.1.1.      Perancangan......................................................................... 7
2.1.2.      Tujuan Perancangan............................................................. 7
2.1.3.      Prinsip-prinsip Perancangan................................................. 8
2.2.       Pengertian Sistem............................................................................. 9
2.2.1.      Karakteristik Sistem............................................................. 10
2.3.       Pengertian Informasi........................................................................ 12
2.3.1.      Ciri-Ciri informasi................................................................ 13
2.4.       Pengertian Uang Pembangunan....................................................... 14
2.5.       Pengertian Anggota Sidi.................................................................. 14
2.6.       Pengertian Pengelolaan Keuangaan................................................. 14
2.7.       Pengembangan Sistem..................................................................... 15
2.7.1.      Metode Pengembangan Sistem............................................ 16
2.7.2.      Pendekatan Sistem............................................................... 17
2.7.3.      Alat Pengembangan Sistem.................................................. 17
2.8.       Pengertian Database......................................................................... 22
2.9.       Pengujian Sistem.............................................................................. 23
2.10.   Pengertian Microsoft Office Access................................................ 25
2.11.   Pengertian Borland Delphi............................................................... 26
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1.       Lokasi Dan Waktu Penelitian.......................................................... 28
3.1.1.      Sejarah Organisasi................................................................ 28
3.1.2.      Struktur Organisasi............................................................... 29
3.2.       Metode Pengumpulan Data............................................................. 30
3.3.       Alat Dan Bahan Penelitian............................................................... 31
3.4.       Metode Analisis Dan Pengembangan Sistem.................................. 31
3.4.1.      Metode Analisis Sistem........................................................ 31
3.4.2.      Pendekatan Sistem............................................................... 32
3.4.3.      Pengembangan Sistem.......................................................... 32
3.5.       Alur Penelitian................................................................................. 33
BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN
4.1.       Analisis Masalah.............................................................................. 34
4.2.       Analisis Sistem................................................................................. 35
4.2.1.      Sistem Yang Berjalan........................................................... 35
4.2.2.      Sistem Yang Diusulkan........................................................ 37
4.2.3.      Kebutuhan Fungsional Dan Nonfungsional......................... 39
4.3.       Rancangan Sistem............................................................................ 40
4.3.1. Diagram Konteks.................................................................... 41
4.3.2. Data Flow Diagram Level 1................................................... 42
4.3.3. Data Flow Diagram Level 1 Proses 1..................................... 44
4.3.4. Data Flow Diagram Level 1 Proses 2..................................... 46
4.3.5. Data Flow Diagram Level 1 Proses 3..................................... 47
4.3.6. Data Flow Diagram Level 1 Proses 4..................................... 48
4.3.7. Data Flow Diagram Level 1 Proses 5..................................... 50
4.3.8. Data Flow Diagram Level 1 Proses 6..................................... 52
4.3.9. Rancangan Entity Relationship Diagram................................ 53
4.3.10.  Hubungan Antar Tabel Database......................................... 54
4.3.11.  Rancangan Layout............................................................... 55
4.3.11.1.     Rancangan Layout Menu utama............................... 55
4.3.11.2.     Rancangan Layout Data Anggota............................ 56
4.3.11.3.     Layout Pengeluaran Uang Pembangunan................. 57
4.3.11.4.     Rancangan Layout Laporan Jurnal Umum............... 57
4.3.11.5.     Rancangan Layout Laporan Kas.............................. 58
4.3.11.6.     Rancangan Layout User And Password................... 58
4.3.11.7.     Rancangan Layout Iuran Tahunan........................... 59
4.3.12.  Rancangan File Database Dan Tabel Data........................... 59
4.3.12.1.     Rancangan Tabel Iuran............................................. 60
4.3.12.2.     Rancangan Tabel Anggota....................................... 60
4.3.12.3.     Rancangan Tabel Setoran......................................... 61
4.3.12.4.     Rancangan Tabel Pengeluaran.................................. 61
4.3.12.5.     Rancangan Tabel Logon........................................... 62
BAB V  IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
5.1.       Implementasi Menu Utama.............................................................. 63
5.2.       Implementasi Menu Login............................................................... 63
5.3.       Implementasi Menu Login Yang Benar........................................... 64
5.4.       Implementasi Menu Data Anggota.................................................. 65
5.5.       Implementasi Pembayaran Iuran Data Anggota.............................. 66
5.6.       Implementasi Pengeluaran Uang Pembangunan.............................. 67
5.7.       Implementasi Laporan Jurnal Umum............................................... 68
5.8.       Implementasi Laporan Kas.............................................................. 68
5.9.       Implementasi User And Password................................................... 69
5.10.   Implementasi Iuran Tahunan............................................................ 70
BAB VI PENUTUP
6.1.       Kesimpulan...................................................................................... 71
6.2.       Keterbatasan Dan Saran Untuk Penelitian Mendatang................... 72
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN I
LAMPIRAN II
                                                  
DAFTAR TABEL
Tabel   1.1.    Simbol Flowchart........................................................................ 5
Tabel   2.1.    Simbol Flowchart........................................................................ 18
Tabel   2.2.    Simbol Data Flow Diagram........................................................ 20
Tabel   2.3.    Simbol Entity Relationship Diagram........................................... 22
Tabel   4.1.    Hubungan Relasi Tabel............................................................... 54
Tabel   4.2.    Tabel Iuran.................................................................................. 60
Tabel   4.3.    Tabel Angggota........................................................................... 60
Tabel   4.4.    Tabel Setoran............................................................................... 61
Tabel   4.5.    Tabel Pengeluaran....................................................................... 61
Tabel   4.6.    Tabel Log on............................................................................... 62
Tabel   5.1.    Skenario Menu Utama................................................................. 63
Tabel   5.2.    Implementasi Menu Login.......................................................... 64
Tabel   5.3.    Implementasi Menu Login Yang Benar...................................... 64
Tabel   5.4.    Impelemntasi Menu Data Anggota............................................. 65
Tabel   5.5.    Impelemntasi Menu Pembayaran Iuran Anggota........................ 66
Tabel   5.6.    Implementasi Menu pengeluran uang pembangunan.................. 67
Tabel   5.7.    Implementasi Menu Laporan Jurnal Umum................................ 68
Tabel   5.8.    Implementasi Menu Laporan Kas............................................... 69
Tabel   5.9.    Implementasi Menu User And Password Management.............. 69
Tabel   5.10.  Implementasi Menu Iuran Tahunan............................................. 70


ABSTRAK

Jemaat GMIH Elim Balisoan adalah salah satu dari sekian banyak Gereja yang terdaftar sebagai anggota dari Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI). Dalam hal pencatatan transaksi pembayaran uang pembangunan panitia Jemaat Elim Balisoan masih mendaptkan kesulitan yang kerap kali menimbulkan kesalahan, baik itu kesalahan pencatatan transaksi ataupun kesalahan dalam menjumlahkan uang pembangunan . Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi pengelolaan uang pembangunan. Metode analisis dan pengembangan sistem yang digunakan adalah analisis terstruktur yang meliputi flowchart, diagram konteks, DFD, ERD sedangkan pengembangannya menggunakan metode Waterfall. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemograman Borland Delphi dan menggunkan database Microsoft Acess.  Dengan adanya sistem ini, diharapkan mampu menjawab kebutuhan panitia pembanguan dalam melakukan proses pengelolaan uang pembangunan yang meliputi transaksi pembayaran dan pengeluaran, serta bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan pencatatan transaksi keuangan pada Jemaat GMIH Elim Balisoan.

Kata kunci: Sistem Informasi Pengelolaan Uang Pembangunan.

ABSTRACT
     GMIH congeration Elim Balisoan is one of the many chruches listed as a member of the fellowship of Indonesian Cchruches (PGI). In the case of recording transaction payment money development committe Elim Balisoan congeretion still difficulty that often leads to errors, whather it is a mistake recording transaction or errors in summing develpment money. This study aim to make information system of the management development. Method of analysis and system of money management development. Method af analysis and system development used is structured analysis which includes flowchart, context diagram, DFD, ERD, while its development use waterfall method. This system is designed using Borland delphi programming langule and using microsoft acess dtabase. With this system, it is expected to be able to answerr the needs of the development commite in carrying out the process of managing the development money which includes payment and expense transaction, and can minimize the mistakes of recording transaction finance at GMIH Elim Balisoan.
Keyword: Information management system of money development
                     


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang
Kehidupan manusia pada abad ke-21 sangat dimanjakan oleh perkembangan teknolgi dan informasi yang semakin berkembang pesat. Hampir semua aspek pekerjaan yang dilakukan oleh manusia sudah menggunakan teknologi yang memadai dan terkomputerisasi. Perkembangan dan kemajuan teknolgi informasi tersebut membuat manusia lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi atau software yang diciptakan manusia yang bertujuan untuk mempermudah dan menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya adalah aplikasi pembayaran yang sangat efektif apabila digunakan untuk mencatat transaksi - transasksi pembayaraan.
Pengolahan data transaksi sangatlah penting dalam sebuah lembaga, perusahaan atau organisasi. Jika pengolahan data tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan terjadinya kesalahan data yang dapat menyebabkan terjadinya masalah. Untuk itu pengolahan data merupakan kunci utama untuk mencapai kesempurnaan. Dengan pengolahan data yang baik maka dapat menghasilkan informasi yang akurat dan jelas. Untuk mencapai hal tersebut, tentulah harus mempunyai instrumen penunjang dalam hal ini ialah bahasa pemograman yang bertujuan untuk membuat suatu aplikasi. Ada banyak bahasa pemoraman yang dikenal, salaah satunya adalah Borland Delphi.
Borland Delphi adalah suatu bahasa pemograman yang bekerja dalam lingkup Sistem Operasi Windows yang merupakan pengembangan bahasa pascal yang bersifat visuall. Borland delphi dapat memanfaatkan kemampuan windows secara optimal. Borland Delphi mampu membuat suatu aplikasi berbasis windows yang mudah untuk dioperasikan atau dijalankan, dan sangat cocok apabila diterapkan pada lembaga atau perusahaan yang membutuhkan aplikasi yang bisa mencatat transaksi pembayaran dan pengeluaran. Akan tetapi masi banyak lembaga atau perusahaan yang belum memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai suatu sarana dalam meningkatkan keefisisensi lembaga atau perusahaan tersebut. Salah satu lembaga atau organisasi yang belum memanfaatkan hal tersebut adalah Gereja GMIH Elim Balisoan.
Jemaat GMIH Elim Balisoan adalah suatu Organisasi Gereja yang aktif dan terdaftar dalam Persekutuan Gereja Gereja Indonesia (PGI) yang bertempat di Desa Balisoan Kec. Sahu Kab. Halmahera Barat. Dalam pengolahan transaksi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan yang dilakukan pada Jemaat Elim, mekanismenya masih dilakukan dengan cara konvesional atau manual misalanya setiap transaksi dicatat menggunakan tulis tangan yang kerap kali memicu terjadinya kesalahan dan berpengaruh pada pembuatan laporan keuangan yang tidak akurat dan maksimal. Selain itu, pengolahan transaksi pembayaran dan pengeluaran yang masih dilakukan dengan cara konvesional membuat pekerjaan dari bendahara pembangunan menjadi lebih repot dan memperlambat pekerjaannya.
Jika dilihat dari perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini, maka sudah saatnya sistem yang sedang berjalan pada jemaat Elim Balisoan harus berinovasi ke sistem yang lebih canggih dan mudah untuk dijalankan atau digunakan. Perancangan sistem informasi yang baru sangat dibutuhkan untuk menjawab masalah yang terdapat pada Jemaat GMIH Elim Balisoan.
Berdasarkan uraian masalah diatas, penulis tergugah untuk melakukan penelitian tentang “Sistem Informasi Pengelolaan Uang Pembangunan Pada Jemaat GMIH Balisoan Menggunakan Borland Delphi” penelitian ini menarik mengingat uang pembangunan merupakan hal penting dalam organisasi Gereja.
1.2.       Rumusan Masalah
Bagaimana sistem informasi pengelolaan  uang pembangunan pada Jemaat GMIH Elim Balisoan ?
1.3.       Batasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka peneliti membatasi masalah pengelolaan hanya pada sistem informasi untuk  pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan.
1.4.       Tujuan Penelitian
1.        Merancang aplikasi pengelolaan uang pembangunan dalam hal pembayaran dan pengeluaran.
2.        Untuk menyajikan laporan yang ideal kepada jemaat dan pimpinan jemaat, antara lain laporan transaksi keuangan.
1.5.       Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat:
1.        Membantu kerja dari panitia dan meningkatkan efisiensi serta efektifitas panitia dalam melakukan pekerjaan.
2.        Memberikan laporan informasi transaksi yang jelas kepada ketua panitia maupun jemaat itu sendiri.

1.6.       Keaslian  Penelitian
No
Nama peneliti
Judul
Media Publikasi
(tahun)
Tujuan Penelitian
Kesimpulan
Saran atau kelemahan sistem
Perbandingan
1
Serny Tuerah
Evaluasi Evektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Pengeluaran Kas Pasa UD. Roda Mas Manado

Tahun 2013

Untuk mengevaluasi apakah peneraapan sistem informasi akuntansi pembelian dan pengeluaran kas pada perusahaan telah diterapkan secara efektif.

Sistem pembelian dan pengeluaran kas dalam perusahaan diterapkan secara efektif dan berjalan sesuai dengan prosedur.

struktur organisasi perusahaan perlu dilakukan pengembangan yaitu denga menambah satu fungsi yaitu manajer akuntansi untuk mengawasi proses pencatatan transaksi keuangan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, sedangkan penelitian yang saya lakukan menggunakan metode terapan dan menggunakan analisis sistem waterfall.

2
Fransisca Ayu Cikita Bara

Perancangan Sistem Informasi Siklus Pengeluaran  Pada Garnis Silver And Plated.
Tahun 2012
Untuk mengetahui bagaimana sistem informasi siklus pengeluaran pada Garnis Silver And Plated
Perusahaan memerlukan perubahan prosedur, penambahan dokumen, dan pembuaran laporan supaya dapat teratasi semua masalah yang ada.
Lebih memaksimalkan pada proses penambahan dokumen dan pembaruan pelaporan agar tidak terjadi masalah dalam hal tersebut.
Penelitian ini hanya mengfokuskan pada bagaimana proses terjadinya siklus pengeluaran kas sedangkan panalitian yang saya lakukan, tidaknya hanya pada proses pengeluaran tetapi juga proses pembayaran yang membuat terjadi penembahan pada jumlah pendapatan.
3







Irmalia Ayu Ningsih
Evaluasi Pengendalian interen dalam pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas pada Bank Daerah Kota Madiun
Tahun 2013
Untuk mengevaluasi pengendalian intern pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas  pada Bank Daerah Kota Madiun
Penerapan pengendalian intern pada sistem dn prosedur penerimaan kas pada deposito berjangka dan pengeluaran kas pada kredit modal kerja untuk wiraswasta secara keseluruhan kenerjanya cukup baik.
Kekurangannya pada struktur organisasi serta formulir slip setoran deposito dan formulir slip kwitansi dan slip tanda terima
Penelitian yang saya lakukan ini masih pada tahap pencatatan transaksi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan, dan belum sampai pada bagaimana mengevaluasi kinerja dari sistem informasi yang telah peneliti buat.
4
Nyong  Agristoria
Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Jemaat GMIH Elim Balisoan Menggunakan Borland Delphi
Tahun 2017
Untuk menyajikan laporan yang ideal kepada jemaat dan pimpinan jemaat, antara lain laporan transaksi keuangan.

Panitia pembangunan Jemaat GMIH Elim Balisoan dapat dengan mudah mendapat informasi soal anggota-anggota sidi yang telah membayar iuran pembangunan.

Panitia Pembangunan harus mampu mengoperasikan sistem informasi yang dibuata dalam bentuk aplikasi ini, agar pekerjaan panitia bisa terselesaikan dengan mudah dan cepat.
Aplikasi ini dapat menyajikan laporan lengkap soal pengeluaran dan pembayaran uang pembangunan jemaat GMIH Elim Balisoan.

BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.       Pengertian Perancangan
Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi baru berdasarkan rekomendasi hasil analisis sistem (Subhan Mohamad, 2012: 109)
Berdasrkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah tahapan yang dilakukan dalam proses pengembangan sistem dari yang lama ke sistem yang baru yang dianggap sebagai alternatif terbaik.. Perancangan dibagai dalam tiga bagian, yaitu :
2.1.1.      Kedudukan perancangan
Perancangan merupakan penghubung anatara spesifikasi kebutuhan dan implementasi, dan perancangan merupakan rekayasa representasi yang berarti terhadapa sesuatu yang hendak dibangun. Hasil perancangan harus dapat ditelusuri sampai ke spesifikasi kebutuhan dan dapat diukur kualitasnya berdasarkan kriteria-kriteria rancangan yang baik. Perancangan menekankan pada solusi logic mengenai cara sistem memenuhi kebutuhan.
2.1.2.      Tujuan perancangan
Tujuan perancangan adalah menghasilkan model atau representasi entitas yang akan dibangun. Menurut Mustow (2012:67) tujuan perancangan adalah untuk membentuk sistem perangkat lunak yang memenuhi criteria sebagai berikut:
a.       Memenuhi spesifikasi fungsional.
b.      Memenuhi batasan-batasan media target implementasi, target sistem komputer.
c.       Memenuhi kebutuhan-kebutuhan implicit dan eksplisit berdasarkan kinerja penggunaan sumber daya.
d.      Untuk kemudahan dalam proses pembuatan software dan control dalam sistem yang dibangun.
e.       Untuk kemaksimalan solusi yang diusulkan melalui pengembangan sistem.
f.       Untuk dalap mengetahui berbagai elemen spesifik pendukung dalam pengembangan sistem baik berupa perangkat lunakk maupuun perangkat keras yang digunakan pada sistem yang didesain.
2.1.3.      Prinsip-prinsip perancangan.
Terdapat prinsip-prinsip dalam perancangan, yaitu:
2.         Perancangan harus mempertimbangakan sejumlah pendekatan,  menilai masing-masing alternatif berdasarkan kebutuhan, sumber daya yang diperlukan, dan konsep perancangan yang baik.
3.         Rancangan tidak boleh jauh dari kenyataan.
4.         Rancaangan seharusnya seragam dan terpadu.
5.         Perancangan ditujukan untuk meperoleh kualitas.

2.2.       Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa latin (Sytema) dan bahasa yunani (sustema) adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem merupakan sebuah objek yang dikaji atau dipelajari, dimana memiliki karakteristik tetentu atau spesifikasi tersendiri.
Sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur komponen atau variable-variable yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Sistem juga merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada sistem tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan (Subhan Mohamad, 2012:8)
Sistem adalah sekolompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan tujuan yang sama untuk mencapai tujuan. Sistem juga merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur–prosedur yang saling berhubungan, terkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu (Yakub, 2012:1)
Sistem adalah entitas atau satuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem ( sistem yang lebih kecil) yang saling terhubung dan terkait untuk mencapai suatu tujuan (Rudy Tantara, 2012:1).
Dari beberapa pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sistem merupakan sekumpulan kelompok elemen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran yang diinginkan.
2.2.1.      Karakteristik Sistem
Menurut Bambang Hartono (2013:12), Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen-kompone (components), batasan sistem (boundary), lingkungan luar sistem (environments), penghubung (interface), masukan (input), keluaran (output), pengolah (proses), dan sasaran (objectives).
Adapun karakteristik  yang dimaksud  adalah sebagai berikut:
1.         Komponen (components)
Suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bakerja sama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen dari suatu sistem biasanya dikenal dengan subsistem.
2.         Batasan Sistem (boundary)
Batasan system merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem di pandang sebagai satu kesatuan, batasan sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.
2.         Lingkungan Luar Sistem (environments)
Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan dan juga merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak maka akan mengganggu kelansungan hidup dari sistem.
3.         Penghubung Sistem (interface)
Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.
6.         Masukan Sistem (input)
Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang di masukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
7.         Keluaran Sistem (Output)
Keluaran sistem adalah hasil dari energy yang di olah dan di klasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada suprasistem.
8.         Pengolah Sistem (proses)
Suatu system dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.
9.         Sasaran Sistem (objectives)
Merupakan tujuan yang akan dicapai untuk menentukan masukan yang dibutuhkan system dari keluaran yang akan dihasilkan system.
2.3.       Pengertian Informasi
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berguna dan nyata atau berupa nilai yang dapat dipahami dalam keputusan sekarang maupun yang akan datang (Al Bahra Bin Ladjamudin, 2013: 8)
Informasi merupakan kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih bagi yang menerima. Tanpa suatu informasi, suatu sistem tidak berjalan dengan lancar dan akhirnya bisa mati (Mohamad Subhan, 2012:17) Informasi dapat dipahami sebagai pemrosesan input yang terorganisir, memiliki arti, dan berguna bagi orang yang menerimanya. Data berbeda dengan informasi. (Rudy Tantra, 2012:2)
Dengan demikian, informasi adalah suatu data yang telah diproses menjadi bentuk yang nyata dan berguna dan memiliki arti bagi penerimanya, yang dapat dijadikan tolak ukur dalam pengambilan keputusan.
Informasi dapat dikatakan sebgai pengetahuan yang didapatkan dari belajar, pengalaman, atau indtruksi. Namun, istilah ini masih memeiliki banyak arti tergantung pada konteksnya. Dalam ilmu computer informasi adalah data yang disimpan, diproses atau transmisikan. Para ahli meneliti konsep informasi tersebut sebagai pengetahuan yang didaptakan dari pembelajaran, pengalaman maupun instruksi. Sumber informasi adalah data. Data itu berupa fakta kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata yang kemudian data tersebut fiolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi, kemudian peneriman menerima informasi tersebut, dan membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan yang kemudian menghasilkan suatu indakan yang lain yang akan menimbulkan sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap sebagai input, diproses kembali lewat suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus.
2.3.1.      Ciri-ciri Informasi Yang Berkualitas, yaitu:
1.         Informasi harus relefan, yang artinya informasi tersebut mempunyaimanfaat oleh pemakainya.
2.         Informasi harus akurat, yang artinya informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
3.         Tepat pada waktunya, yang artinya informasi yang diterima tidak boleh  terlambat.
4.         Konsisten, yang artinya informasi yang diterima harus sesuai dengan data yang tidak mengalami perubahan yang tidak benar.
Fungsi informasi, diantaranya:
1.         Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengguna.
2.         Mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan.
3.         Menggambarkan keadaan sesuatu hal atau peristiwa yang terjadi.

2.4.       Pengertian Uang Pembangunan
Uang adalah suatu benda dengan satuan hitung yang dapat digunakan sabagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transaksi dan berlaku didalam wilayah tertentu. Demikian fungsi uang sehingga keberadaan uang di suatu Negara diatur dengan undang-undang (KBBI 2017).
Pada hakekatnya pengertian pembanguunan secara umum adalah suatu proses perubahan yang terus menerus untuk menuju keadaan yang lebih baik berdasarkan norma-norma tertentu (KBBI 2017).
Jadi pengertian uang pembangunan adalah suatu partisipasi dalam bentuk pembayaran untuk menuju ke suatu proses perubahan secara fisik yang terus menerus dilakukan.
2.5.       Pengertian Anggota Sidi
Anggota sidi adalah anggota jemaat yang sudah masuk usia dewasa dan yang telah bersedia untuk di teguhkan sidinya, dan juga suah memiliki tanggung jawab pribadi kepada Gereja maupun jemaat (Pdt, Hofni Parmino S,Th ‘Pimpinan Jemaat GMIH Elim Balisoan’).
2.6.       Pengertian Pengelolaan Keuangan
Pengelolaan artinya penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Pengelolaan keuangan adaalah sumber daya yang diterima yang akan dipergunkan untuk penyelenggara. Pengelolaan keuangan dimaksud sebagai suatu pengelolaan terhadap fungsi-fungsi keuangan.
       
2.7.       Pengembangan Sistem
Muharto dan Ambarita (2016:106), “Pengembangan sistem merupakan aktivitas untuk menghasilkan sistem informasi berbasis komputer untuk menyelesaikan persoalan (problem) organisasi atau memanfaatkan kesempatan (opportunities) yang timbul. Menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang ada”.
Pengembangan sistem adalah Langkah penyelesaian masalah tugas akhir ini sesuai dengan tahapan pengembangan perangkat lunak menggunakan model proses atau paradigma waterfall (Donna Primasari Samantha 2011:5).
Pengembangan sistem dapat berarti  menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena adanya permasalahan-permasalahan yang timbul dari sistem yang lama misalnya terjadi kesalahan-kesalahan dalam memasukan data atau tidak efisiensinya operasi atau pekerjaan dalam suatu organisasi.
Ketika berbicara mengenai pengembangan sistem, maka tidak terlepas dari perancangan sistem informasi. Perancangan sistem informasi terdiri dari tiga kata yaitu perancangan yang dalam bahassa inggrisnya adalah design yang artinya rancangan atau dapat diartikan sebagai suatu proses penggambaran terhadap suatu rencana sistem yang akan di develop (dikembangakan). Kata yang kedua adalah sistem yang artinya sekumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan dan terintegrasi diantara satu sama lain yang melakukan fungsi tertentu untuk tujuan tertentu. Sedangkan kata yang terakhir adalah informasi yang berarti sebagai data yang telah diolah menjadi benntuk yang berarti bagai penerimanya, dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan dan tindakan sekarang maupun masa yang akan dating. Jadi secara lengkap, perancangan sistem informasi adalah suatu aktivitas yang berupa proses penggambaran rencana terhadap sistem yang akan dikembangkan untuk pemecahan masalah tertentu khususnya permasalahan semi terstruktur maupun pemasalahan terstruktur murni.
2.7.1.      Metode Pengembangan Sistem
Banyak metode yang digunakan dalam pengembangan sistem salah satunya adalah metode waterfall. Model waterfall ini sebenarnya adalah Lineiar sequential model yang sering juga disebut dengan classic life cycle atau model waterfall. Metode ini melakukan pendekatan secara sistematis mulai dari urut level kebutuhan sistem misalnya layanan, batasan,, dan tjuan sistem, kemudian mendesain sistem yang didalamnya meliputi analisis tersetruktur yang dibuat dalam bentuk gambar atau diagram, setelah itu masuk pada tahap codingan atau proses pembuatan sistem, kemudian tahap testing/verivication yang merupakan tahap pengetesan atau pengujian sistem, dan yang terakhir adalah tahap maintenance atau tahap implementasi dan perawatan.


2.7.2.      Pendekatan Sistem
Terdapat beberapa pendekatan dalam perancangan sistem salah satunya adalah pendekatan bottom-up. Pendekatan bottom-up dimulai dari level bawah organisasi yaitu level operasional tempat transaksi dilakukan. Pendekatan ini dimulai dari perumusan kebutuhan-kebutuhan untuk menangani transaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan kebutuan informasi berdasarkan transaksi tersebut.
2.7.3.      Alat Pengembangan Sistem
Alat-alat pengembangan sistem diantaranya adalah sebagai berikut:
1.         Flowchart
Alfitri (2011:16), Flowchart adalah simbol-simbolpekerjaan yangmenunjukkan bagan aliran proses yang saling terhubung. Jadi, setiap simbol flowchart melambangkan pekerjaan dan instruksinya. Simbol-simbol flowchart adalah standar yang ditentukan oleh Amerika National Standard Institute Inc.
 Menurut Krismiaji (2011:71) Flowchart merupakan teknik analitis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat dan logis. Bagan alir menggunakan serangkaian simbol standar untuk menguraikan prosedur pengolahan transaksi yang digunakan oleh sebuah perusahaan, sekaligus menguraikan aliran data dalam sebuah sistem.
 Sedangkan menurut Yakub (2012:37) ”Bagan alir program (flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem”.
Berdasarkan defenisi diatas maka disimpulkan Flowchart (bagan alir) adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut". Berikut adalah gamabar dari flowchart:
Tabel 2.1. Simbol Flowchart

Arus / Flow
Penghubung antara prosedur dan proses
Connector
Simbol keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar atau halaman yang sama
Off-line Connector
Simbol keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar atau halaman yang lain
Process
Simbol yang menunjukan pengolahan yang dilakukan komputer
Decision
Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban / aksi
Predefined Process
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan didalam storage


Terminal
Simbol  untuk permulaan atau akhir darti suatu program

Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard
Input-Output
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya

Document

Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output di cetak dikertas
Disk and On-line Storage
Simbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output di simpan ke disk

2.         Data Flow Diagram (DFD)
 Definisi menurut Tata Sutabri (2012:117), Data Flow Diagram adalah sebagai suatu network yang menggambarkan suatu sistem automat/komputersasi, manualisasi, atau gabungan dari keduanya, yang penggambarannya disusun dalam bentuk kumpulan komponen sistem yang saling berhubungan sesuai dengan aturan mainnya.
Menurut Yakub (2012:155) Data Flow Diagram (DFD) merupakan alat untuk membuat diagram yang serbaguna.
Sedangkan menurut Saputra (2013:118), “Data Flow Diagramyang disingkatDFDmerupakan suatu diagram yang menggambarkan alir data dalam suatuentitas ke sistem atau sistem ke entitas.
Jadi, DFD dapat diartikan sebagai teknis grafis yang menggambarkan alir data dan transformasi yang digunakan sebagai perjalanan data dari input atau masukkan menuju keluaran atau output.
Adapun simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan Data Flow Diagram (DFD) adalah sebagai berikut:
Tabel 2.2  Simbol Data Flow Diagram (DFD)

Simbol Data Flow Diagram
Keterangan
           

Proses, kegiatan yang dilakukan oleh orang,mesin, atau komputer dari hasil suatu arus data yang dapat  berupa masukkan untuk sistem.

External Entity, menyatakan kesatuan dilingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem yang lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan  input atau menerima output dari sistem.
Simpanan Data, simpanan dari data yang  dapat berupa suatu file atau data base di sistem  komputer, suatu arsip atau catatan manual dan  suatu agenda atau buku.


 


Arus Data, menyatakan arus data yang mengalir diantara data proses, simpan data dan kesatuan  luar.arus data ini menunjukkan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau  hasil dari proses sistem.

3.         Entity Relationship Diagram (ERD)
Menurut Sutanta (2011:91) “Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan suatu model data yang dikembangkan berdasarkan objek.
Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan salah satu alat bantu (berupa gambar) dalam model database relasional yang berguna untuk menjelaskan hubungan atau relasi antar tabel yang terdapat didalam database. ( Budi Raharjo, 2011:57).
ERD ini juga merupakan model konseptual yang dapat mendeskripsikan hubungan antara file yangdigunakan untuk memodelkanstruktur data serta hubungan antar data (Yakub, 2012).
Kesimpulannya ERD adalah suatu model data berbasis objek dan penggambaran entitas disertakan dengan atribut entitas tersebut yang saling berhubungan satu sama lain. Berikut adalah simbol ERD yang dapat  dilihat pada gambar berikut :
Tabel 2.3  Simbol Entity Relationship Diagram (ERD)

SIMBOL
KETERANGAN
ENTITASMenunjukan pelaku yang terlibat dalam sistem informasi
GARIS RELASI
Garis yang menghubungkan antara entitas dengan relasi
PENYIMPANAN KOMPUTERISASI
Menunjukan hubungan antara entitas satu dengan entitas lain.

2.8.       Pengertian Data Base
Basis data atau database dapat didefinisikan sebagai himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah. (Priyanto dan Jahuari, 2015:147)
Menurut Kustiyaningsih, (2011:146) Database adalah struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses dan memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan system manajemen database seperti MySQL Server.
Menurut Yakub (2012:51), Basis data (database) diartikan sebagai markas atau gudang data, tempat bersarang atau berkumpul data. Prinsip utama basis data adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibilitas dan kecepatan dalam pengambilan data kembali. Adapun tujuan basis data diantaranya sebagai efisisensi yang meliputi  speed, space &Accurancy, menangani data dalam jumlah besar, kebersamaan  pemakaian, dan meniadakan duplikasi”.
Dengan demikian dapat disimpulkan database adalah himpunan data yang saling berhubungan yang didalamnya memuat logika data yang dirancang untuk kebutuhan informasi.
2.9.       Pengujian Sistem
Menurut Desai (2012:43), “Pengujian sistem adalah kegiatan yang dilakukan selama siklus hidup perangkat lunak untuk memvalidasidan memverifikasi bahwa perangkat lunak yang dikembangkan memenuhi harapan yang ditetapkan dari awal.”
Menurut Simarmata (2011:323), “Pengujian sistem adalah proses terhadap aplikasi program untuk menemukan segala kesalahan dan segala kemungkinan yang akan menimbulkan kesalahan sesuai dengan spesifikasi perangkat lunak yang telah ditentukan sebelum aplikasi tersebut diserahkan kepada pelanggan
Menurut Rizky (2011:237), “Testing/pengujian sistem adalah sebuah proses yang dinyatakan sebagai siklus hidup dan merupakan bagian dari proses rekayasa perangkat lunak secara terintegrasi demi memastikan kualitas dari perangkat lunak serta memenuhi kebutuhan teknis yang telah disepakati dari awal.
Jadi pengujian sistem merupakan hal terpenting yang bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan pada perangkat lunak yang diuji. Tujuan pengujian sistem atau perangkat lunak adalah sebagai berikut:
1.   Tujuan langsung
a.    Identifikasi dan menemukan beberapa kesalahan yang mungkin ada dalam perangkat lunak yang diuji.
b.    Setelah perangkat lunak dibetulkan, kesalahan diidentifikasi lagi dan dilakukan tes ulang untuk menjamin kualitas level penerimaan.
c.    Membentuk tes yang efisien dan efektif dengan anggaran dan jadwal yang terbatas.
2.   Tujuan tidak langsung:
Mengumpulkan daftar kesalahan untuk digunakan dalam daftar pencegahan kesalahan (tindakan corrective dan preventive)..
Ada 2 macam metode pengujian sistem yaitu metode black box testing dan white box texting.
1.         Black box testing
Menurut Simarmata (2011:323), adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Pengujian black box mengevaluasi anya dari tampilan luarnya saja (interface), fungsionalitasnya tanpa engetahui sesungguhnya yang terjadi dalam proses detilnya (hanya mengetahui input dan output).
2.         White box testing
Menurut Desai (2012:43),  adalah pengujian yang didsarkan pada pengecekanterhadap detail perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi pengujian kedalam beberapa kasus pengujian. Secara sekilas dapat diambil kesimpulan white box testing merupakan petunjuk untuk mendapatkan program benar secara 100%. Tujun pengujan white box testing adalah untuk mengetahui cara kerja perangkat lunak secara internal, untuk menjamin operasi-operasi internal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan struktur kendali dari prosedur yang dirancang.
2.10.   Pengertian Mcrosoft office Access
Microsoft office access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakn anggota dari beberapa aplikasi microsoft office selain tentuya microsoft word,  microsoft exel, microsoft power point. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data microsoft jet database engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intutif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft access dapat menggunakan data yang disimpan didalam format microsoft acess, microsoft jet database engine, microsoft sql server, oracle database, atau semua container basis data yang mendukung standar. Fungsi dari aplikasi ini adalah, untuk mengolah program database dengan cara canggih yang menawarkan berbagai kemudahan, seperti pengaturan data, pembuatan form, pembuatan laporan, penyaringan data, dan lain-lain.
Aplikasi microsoft lazimnya digunakan oleh perusahan-perusahan atau organisasi kecil dan menengah juga para programmer untuk membuat sebuah sistem sendiri yang digunakan untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Microsft access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oeh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server.
2.11.   Pengertian Borland Delphi
Menurut Kusnassriyanto (2011:1) pada awalnya dephi adalah proyek rahasia di Borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut appbuilder. Sesaat sebelum rilis pertama dari borland, novell appbuilder dirilis sehingga borland harus memberikan nama baru untuk proyek tersebut. Salah satu tujuan asli dari Delphi pada waktu itu adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk programmer sebagi fitur kunci dan database yang paling popular pada waktu itu adlah oracle.
Bahasa pemograman delphi adalah pemograman berbasis objek yang merupakan pengembangan dari pemograman pascal. Pascal adalah pemograman berbasis DOS yang dibuat pada tahun 1971 oleh Niklaus Wirth dari Swiss.
Borland delphi  merupakan suatu bahasa pemograman yang memberikan berbagai fasilitas pembuatan aplikasi untuk mengolah teks, grafik, angka,, database, dan aplikasi web. Program ini mempunyai kemampuan luas yang terletak paa produktifitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta bahasa pemoogramannya terstruktur dan lengkap.
Dari penejelasan diatas dapat disimpulkan bahwa borland Delphi adalah suatu bahasa pemograman yang dikembangkan dari bahasa pemograman pascal yang berfungsi untuk mengolah teks, gambar, angka, database, dalam bentuk aplikasi.



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1.       Lokasi Dan Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan di Jemaat GMIH Elim Balisoan, waktu penelitian direncanakan selama empat (4) bulan dimulai dari bulan februari sampai bulan mei.
3.1.1.      Sejarah Organisasi
Gerja Masehi Injili Di Halmahera (GMIH) berdiri pada tanggal 6 Juni 1949. GMIH memiliki banyak jemaat yang tersebar diseluruh tanah Hallmahera, salah satunya adalah Jemaat GMIH Elim Balisoan. Jemaat GMIH Elim Balisoan adalah salah satu jemaat yang merupakan bagian dari Gereja Masehi Injili Di Halmahera dan menjadi salah satu anggota aktif Persatuan Gereja-Gereja Indonesia. Sebelum mengganti nama menjadi Jemaat GMIH Elim Balisoan, dulunya jemaat ini bernama Jemaat Maranatha Balisoan. Elim berarti 12 mata air dan 70 pohon korma (Keluaran 15: 23-24) artinya bahwa pada tepat inilah terdapat sumber berkat yang berasal dari Tuhan Yesus. Jemaat GMIH Elim Balisoan memiliki 288 kepala keluarga 980 jiwa dan 674 anggota sidi.
Jemaat ini berganti nama menjadi jemaat GMIH Elim Balisoan adalah pada tahun 1985, Jemaat GMIH Elim Balisoan pertama kali dipimpin oleh penginjil Anus Nyong yaitu pada tahun 1985. Aturan yang diterapkan pada jemaat ini mengacu kepada aturan sinode GMIH yang berpusat di Tobelo Halmahera Utara. Jemaat GMIH Elim Balisoan dibagi ke dalam 2 bidang, yaitu bidang pelayanan dan juga bidang pembangunan. Bidang pelayanan bertugas untuk melayani jemaat baik itu dalam bentuk doa, ibadah, dan lain-lain. Sedangkan bidang pembangunan bertugas untuk melakukan pembangunan secara fisik pada keperluan-keperluan dari gereja antara lain, kelengkapan alat pelayanan (kibor, mic, sound, dan lain-lain), dan juga fisik bangunan yang sekarang sementara dibangun, misalnya pembangunan menara Gereja, mimbar Gereja, pagar Gereja dan lain sebagainya.
3.1.2.      Struktur Organisasi
Struktur organisasi juga merupakan factor yang sama pentingnya dalam menentukan dan melihat cara kerja suatu organisasi, yang mana dapat dianalisa melalui struktur yang tergambar dan akan bisa diketahui bagian dan sub bagian, wewenang masing-masingnya serta hubungan kordinasi antara bagian dan sub bagian dalam pelaksanaan tugas serta tanggungjawab masing-masing.
 Dengan demikian dapat dipahami bahwa struktur organisasi juga merupakan faktor yang penting dalam perkembangan suatu organisasi untuk pertumbuhan kea rah kemajuan yang pesat untuk mencapai tujuan sesuai dengan misi, dimana mekanisme orang-orang yang bekerja dalam organisasi.

3.2.       Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung anatara peneliti dan narasumber. Dan wawancara tersebut dilakukan kepada pimpinan jemaat Gmih Elim Balisoan, dan juga bendahara pembangunan Jemaat GMIH Balisoan. Jenis data yang digunakan adalah data primer.
3.3.       Alat Dan Bahan Penelitian
A.      Hardware
a.    Laptop Acer Aspire E 14
b.    Prosesor amd E2-6110 (1.50 GHz)
c.    Mainboard amd
d.   Ram 2 GB DDR3 Memory
e.    Hardisk 500 GB
f.     Printer Canon Ip2700
B.       Software
1      Sistem Operasi Windows 7 Profesional digunakan sebagai sistem operasi dalam penelitian ini.
2      Microsoft Office 2007 yang digunakan dalam pembuatan proposal penelitian ini.
3      Borland Delphi yang digunakan sebagai editor dalam merancang sistem informasi dalam penelitian ini.
4      Microsoft visio 2007 yang digunakan untuk membuat gambar dan alur program.
3.4.       Metode Analisis Dan Pengembangan Sistem
3.4.1.      Metode Analisis Sistem.
Analisis sistem adalah kegiatan untuk menguraikan sub-sub sistem dan melihat fungsi dari masing-masing sub-sub sistem tersebut. Analisis sistem merupakan sebuah teknik pemecahan masalah dengan tujuan mempelajari seberapa bagus sub-sub sistem tersebut bekerja (proses) dan berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka (output). Dalam penelitian ini, analisis sistem yang digunakan adalah analisis terstruktur. Dimana analisis ini terfokus pada aliran data (DFD) yang menggambarkan proses yang berjalan atau diusulkan
3.4.2.      Pendekatan Sistem
Pendekatan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan bottom-up, yaitu pendekatan yang dimulai dari level bawah operasional transaksi dilakukan. Dalam hal ini adalah anggota sidi, artinya apa-apa saja yang termasuk dalam kebutuhan anggota sidi, atau yang berkaitan dengan anggota sidi, begitu juga dengan admin (bendahara) dan juga pimpinan
3.4.3.      Pengembangan Sistem
Metode yang digunkan dalam tahap pengembangan sistem adalah metode waterfall, dimana pendekatan dilakuan secara sistematis dimulai dari kebutuhan sistem yang meliputi sejarah organisasi Gereja GMIH Elim Balisoan, struktur organisasi, dan juga pembagian tugas tanggung jawab, kemudian tahap yang berikut adalah tahap desain sistem, dimana dalam penelitian ini tahap tersebut digambarkan pada sistem yang berjalan dan diusulkan menggunakan digram flowchart, DFD, ERD, Tabel relasi, tampilan layout, setelah itu masuk pada tahap codingan, tahap ini merupakan tahap pembuatan sistem atau aplikasi 
dengan menggunakan bahasa pemograman Borland Delphi. Setelah tahap codingan selesai maka sistem di implementasikan dan diuji dengan menggunakan metode black box atau white box, dan tahap akhir adalah tahap maintenance atau tahap pemeliharaan.

BAB IV
ANALISIS DAN PERANCANGAN
4.1.       Analisis Masalah
Tahap analisa ini merupakan tahap awal dari seluruh proses pembuatan software. Tugas utama yang diharapkan dari tahap ini ialah indentifikasi masalah secara tepat.Tanpa adanya identifikasi masalah yang tepat maka akan sangat sulit untuk mendesain software yang sesuai masalah yang dihadapi.
Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pada Jemaat GMIH Elim Balisoan yakni dalam proses pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan yang berhubungan dengan pelaporan transaksi masih dilakukan dengan cara melakukan pencatatan keuangan yang bersifat konvensional atau manual dibuku-buku kas sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang pembagunan baik yang dibayarkan oleh jemaat maupun uang yang dipakai untuk biaya pembangunan sehingga terkadang mengakibatkan kesalahan pahaman serta kadang laporan-laporan tersebut tercecer dan sulit ditemukan saat diperlukan.
oleh sebab itu dalam menyelesaikan masalah ini diperlukan sebuah Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan Pada Jemaat GMIH Elim Balisoan sehingga diharapkan dengan adanya sistem informasi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan ini dapat mempermudah dalam pengelolaan data transaksi, dapat mempermudah pencarian data transaksi, dapat memberikan laporan kas kapanpun diperlukan karna seluruh data sudah dikomputerisasikan dan tersimpan dalam database sehingga dapat dilihat kapanpun saat diperlukan.
4.2.       Analisis Sistem
Tahap analisis sistem merupakan salah satu yang sangat penting, dimana kita dapat mengetahui uraian sub-sub sistem dan dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi berdasarkan sub-sub sistem tersebut. Analisis sistem yang dilakukan pada jemat GMIH Elim balisoan meliputi, sistem yang berjalan, sistem yang diususlkan, serta kebutuhan fungsional dan kebutuhan nonfungsional.
4.2.1.      Sistem Yang Berjalan
Sistem yang berjalan adalah sebuah sistem yang sedang di pakai atau di gunakan oleh organisasi tertentu dalam melaksanakan aktifitas di organisasi tersebut untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Tidak selamanya sistem yang sedang berjalan harus diganti sejarah total, akan tetapi bias saja di kembangkan dari sistem yang lama tersebut ke sistem yang baru yang nantinya akan dikembangkan tergantung kebutuhan yang diperlukan oleh lembaga atau organasiasi.

4.2.2.      Sistem yang Diusulkan
Sistem yang diusulkan adalah suatu sistem baru yang dirubah atau dikembangkan dari sistem yang lama yang bermanfaat bagai organisasi tertentu yang dibuat untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Gambar serta keterangan dan kelebihan dari sistem yang diusulakan pada Jemaat GMIH Elm Balisoan dapat dilihat pada gambar berikut:
Kelebihan dari sistem yang diusulkan pada Jemaat GMIH Balioan adalah sebagai berikut:
1.         Keamanan data yang tersimpan sangat baik dan aman.
2.         Proses pencarian data yang dibutuhkan akan semakin cepat dan  mudah.
3.         Proses penginputan sudah terkomputerisasi.

 
4.2.3.      Kebutuhan Funsional dan Nonfungsional
Kebutuhan fungsional didalamnya berisi proses-proses apasaja yang nantinya dilakukan oleh sistem, sedangkan kebutuhan nonfungsional merupakan kebutuhan yang berisi tentang isntrumen pendukung yang digunakan oleh sistem itu sendiri. Pada sistem informasi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan pada jemaat GMIH Elim Balisoan kebutuhan fungsionalnnya meliputi:
Pendataan Angota
1.    Pengguna memasukan data data aggota sidi seperti, nama, alamat,    nomor telepon (jika ada)
2.    Pengguna dapat mencetak daftar nama anggota secara keseluruhan.
Transaksi Pembayaran:
1.    Sistem mampu menampilkan secara rinci laporan setoran anggota sidi, yang meliputi tanggal pembayaran, jumlah pembayaran, dan keterangan.
2.    Sistem mampu menghitung jumlah setoran yang telah dibayar oleh anggota sidi ataupun yang belum dibayar oleh anggota sidi.
Transaksi Pengeluaran
1.    Sistem mampu menampilkan rincian pengeluaran kas berupa tanggal pengeluaran, uraian pengeluaran, dan juga jumlah pengeluaran..
Laporan
1.    Sistem mampu menampilkan laporan jurnal umum yang didalamnya ditampilkan secara keseluruhan informasi transaksi penerimaan dan juga pengeluaran.
2.    Sistem mampu menampilkan laporan kas yang didalamnya ditampilkan secara rinci soal pendapatan dan juga bia-biaya yang dikeluarkan.
Kebutuhan nonfungsional:
1.    Menggunakan windows 7 profesional.
2.    Membutuhkan cannon ip2770.
3.    Menggunakan database microsoft acces yang dilengkapi dengan password.
4.3.       Rancangan Sistem
Setelah mengetahui masalah yang sering dihadapi oleh pihak Jemaat GMIH Elim Balisoansecara tepat, maka tugas selanjutnya adalah mendesain solusi sesuai dengan hasil analisis, Seperti membuat Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dan rancangan menu program untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kebutuhan yang diperlukan. Sistem informasi yang akan dibuat diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam pengelolaandata transaksi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunanJemaat GMIH Elim Balisoan.

4.3.1.      Diagram Konteks
Diagram konteks merupakan diagram yang memperlihatkan sistem sebagai sebuah proses. Tujuaannya adalah memberikan pandangan umum sistem. Dari gambar 4.3 diperlihatkan hubungan dan interaksi atara admin dan sistem. Secara umum konteks diagram atau DFD level 0 menerangkan entitas-entitas apa saja yang terlibat dalam suatu sistem.Gambar 4.3 merupakan Diagram Konteks dari Sistem Informasi Penerimaan dan Pengeluaran Uang Pembangunan Jemaat GMIH Elim Balisoan.
Gambar 4.3. DFD Level 0 (Diagram Konteks)
Keterangan Gambar 4.3. DFD Level 0
1.         Entitas, Admin yaitu sebagai pengelola Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan Jemaat GMIH Elim Balisoan.
2.      Proses, Sistem sebagai penyedia layanan yang berfungsi mengelola seluruh data transaksi keuangan, hasilnya diberikan kepada admin dalam bentuk laporan.       
4.3.2.      Data Flow Diagram Level 1
Data Flow Diagram (DFD) level 1 menggambarkan hubungan antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan,dalam hal ini DFD level 1 dari Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan terdapat enam proses dan lima storage.
Gambar 4.4.  DFD Level 1

Keterangan Gambar 4.4.  DFD Level 1
1.    Entitas, Admin yaitu sebagai pengelola dan penerima informasi dari Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan.
2.    Proses,
a.         Login dan pengolahan hak akses, yaitu proses verifikasi penggunaan dan hak akses terhadap Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan.
b.        Proses Data Iuran, yakni proses penetapanbesaran iuran anggota dalam hal ini merupakan iuran yang dibayarkan oleh anggota yang digunakan untuk pembangunan gereja.
c.         Proses data anggota, yakni proses pendataan anggota jemaat, proses ini yang nantinya berhubungan dengan proses iuran anggota yang harus dibayarkan oleh anggota jemaat.
d.        Proses angsuran anggota, yakni proses pembayaran iuran anggota yang dapat dilakukan dengan cara langsung dilunasi ataukah dibayar secara berangsur oleh anggota jemaat.
e.         Proses pengeluaran kas, yakni proses pendataan pengeluaran kas pada tiap transaksi pengeluaran sesuai dengan besar jumlah kas yang didapat dari setoran iuran anggota.
f.                 Pengolahan Laporan, yakni proses dimana seluruh data penerimaan dan pengeluaran kas diolah oleh sistem dan informasinya dan diberikan kepada admin dalam bentuk jurnal umum dan laporan kas.
3.    Tabel,
a.         Tabel Log on, merupakan tabel yang digunakan untuk menyimpan data pengguna sistem informasi seperti username, passowrd dan hak akses terhadap sistem informasi.
b.        Tabel Iuran, merupakan tabel yang digunakan untuk menyimpan penetapan besaran biaya yang dikenakan untuk setiap anggota jemaat.
c.         Tabel Anggota, merupakan tabel yang digunakan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan identitas anggota jemaat.
d.        Tabel Setor, merupakan tabel yang digunakan untuk menyimpan jumlah setoran pembayaran setoran iuran masing-masing anggota jemaat.
e.         Tabel Pengeluaran, merupakan tabel yang digunakan untuk menyimpan data-data yang menyangkut dengan seluruh pengeluaran.

4.3.3.      Data Flow Diagram Level 1 Proses 1
Data Flow Diagram (DFD) level 1 proses 1 menggambarkandetail dari proses yang dapat dipecah lagi pada DFD level 1antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, adapun detail dari  DFD level 1 proses 1 
4.3.4.      Data Flow Diagram Level 1 Proses 2
Data Flow Diagram (DFD) level 1 proses 2 menggambarkandetail dari proses yang dapat dipecah lagi pada DFD level 1antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, adapun detail dari DFD level 1 proses 2dapat dilihat pada gambar 4.6. dihalaman berikut.
Gambar 4.6. DFD Level 1 Proses 2
Keterangan Gambar 4.6. DFD Level 1 Proses 2
1.        Entitas, Admin melakukan entry data iuran anggotakedalam sistem dan sebagai penerima informasi iuran anggota yang dikelola oleh sistem.
2.        Proses, Admin melakukan penginputan data, pengeditan data, penghapusan data maupun pencarian data iuran anggota, sistem melakukan proses penyimpanan data yang dientry oleh admin ke dalam tabel database dan memberikan konfirmasi informasi data iuran anggota kepada admin.
3.        Tabel Iuran, berfungsi untuk menampung entry data besaran iuran anggota yang dilakukan oleh admin dan mengkonfirmasikan kepada sistem.

4.3.5.      Data Flow Diagram Level 1 Proses 3
Data Flow Diagram (DFD) level 1 proses 3 menggambarkan detail dari proses yang dapat dipecah lagi pada DFD level 1antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, adapun detail dari  DFD level 1 proses 3 dapat dilihat pada gambar 4.7. berikut.
Gambar 4.7. DFD Level 1 Proses 3
Keterangan Gambar 4.7. DFD Level 1 Proses 3
1.    Entitas, Admin melakukan entry data anggota jemaat kedalam sistem dan sebagai penerima informasi data anggota jemaat yang dikelola oleh sistem dalam bentuk laporan daftar anggota jemaat.
2.    Proses, Admin melakukan penginputan data, pengeditan data, penghapusan data, maupun pencarian data anggota jemaat, sistem melakukan proses pengolahan data dan penyimpanan data yang dientry oleh admin ke dalam tabel database dan memberikan konfirmasi informasi data anggotajemaat dan menerima informasi dalam bentuk laporan daftar anggotajemaatkepada admin.
3.    Tabel Anggota, berfungsi untuk menampung entry data anggota jemaat yang diinput oleh admin dan mengkonfirmasikan kepada sistem.

4.3.6.      Data Flow Diagram Level 1 Proses 4
Data Flow Diagram (DFD) level 1 proses 4 menggambarkan eatail dari proses yang dapat dipecah lagi pada DFD level 1antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, adapun detail dari DFD level 1 proses 4 dapat dilihat pada gambar 4.8. berikut
Gambar 4.8. DFD Level 1 Proses 4
Keterangan Gambar 4.8. DFD Level 1 Proses 4
1.    Entitas, Admin melakukan entry data pembayaran setoran iuran anggota jemaat kedalam sistem dan sebagai penerima informasi yang dikelola oleh sistem.
2.    Proses, Admin melakukan penginputan data, pengeditan data, penghapusan data penerimaan setoran iuran anggota, sistem melakukan proses pengolahan data dan penyimpanan data yang dientry oleh admin ke dalam tabel database dan memberikan konfirmasi informasi data setoran iuran anggotajemaat dan menerima informasi dalam bentuk laporan rekap daftar setoran iuran amggota kepada admin.
3.    Tabel Anggota dan Tabel Setoran, tabel Anggota berfungsi sebagai penyedia informasi data anggota jemaat kepada sistem sedangkan tabel setoran berfungsi untuk menampung entry data besaran setoran iuran yang dibayarkan oleh anggota jemaat dan mengkonfirmasikan kepada sistem, serta memberikan informasi data saldo setoran iuran anggota yang sudah entry oleh admin.
4.3.7.           Data Flow Diagram Level 1 Proses 5
Data Flow Diagram (DFD) level 1 proses 5 menggambar kan detail dari proses yang dapat dipecah lagi pada DFD level 1antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, adapun detail dari  DFD level 1 proses 5 dapat dilihat pada gambar 4.9. berikut.
Gambar 4.9. DFD Level 1 Proses 5
Keterangan Gambar 4.9. DFD Level 1 Proses 5
1.    Entitas, Admin melakukan entry data pengeluaran kas kedalam sistem dan sebagai penerima informasi penerimaan dan pengeluaran kas yang dikelola oleh sistem dalam bentuk laporan pengeluaran kas.
2.    Proses, Admin melakukan penginputan data, pengeditan data, penghapusan data, maupun pencarian data pengeluaran kas, sistem melakukan proses pengolahan data dan penyimpanan data yang dientry oleh admin ke dalam tabel database dan memberikan konfirmasi informasi data pengeluaran kas dan menerima informasi dalam bentuk laporan daftar pengeluaran kas kepada admin.
3.    Tabel Tabel Setoran, dan Tabel Pengeluaran, tabel setoran berfungsi sebagai penyedia informasi data besar saldo penerimaan iuran anggota yang telah disetorkepada sistem sedangkan tabel pengeluaran berfungsi untuk menampung entry data besaran pengeluaran kas dari tiap-tiap penerimaan kas dan mengkonfirmasikan kepada sistem, serta memberikan informasi data pengeluaran kas yang sudah entry oleh admin.

4.3.8.      Data Flow Diagram Level 1 Proses 6
Data Flow Diagram (DFD) level 1 proses 6 menggambarkan detail dari proses yang dapat dipecah lagi pada DFD level 1antara entitas, proses dan storage pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, DFD level 1 proses 6 dapat dilihat pada gambar 4.10. berikut.
Gambar 4.10.  DFD Level 1 Proses 6
Keterangan Gambar 4.10.  DFD Level 1 Proses 6
1.    Entitas, Admin mengakses proses jurnal umum, atau proses laporan kas kesistem.
2.    Proses, sistem melakukan pengolahan data serta akumulasi data yang ada pada tabel Setoran dan tabel Pengeluaranuntuk dibuatkan laporan dalam bentuk laporan kas sesuai dengan jenis laporan yang dibutuhkan oleh admin.
3.    Tabel Setoran dan Tabel Pengeluaran, berfungsi untuk memberikan informasi data penerimaan dan pengeluaran kasyang dibutuhkan oleh sistem.

4.3.9.      Rancangan Entity Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram merupakan alat yang digunkaan dalam analisis untuk menggambarkan kebutuhan data dan asumsi-asumsi dalam sistem yang akan dibangun/dikembangkan secara terstruktur dari atas ke bawah. Model data ini juga diatur pada tahapan System Development Life Cycle (CDLC) dalam mendesain database. ERD merupakan notasi grafis dalam pemodelan data yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan. ERD digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data.
Gambar 4.11.  Entity Relationship Diagram (ERD)
4.3.10.  Hubungan Antar Tabel database (Relationship)
Hubungan antar tabel dalam suatu database atau biasa yang dikenal dengan istilah Tabel Relationship merupakan gambaran dari keterkaitan data pada suatu tabel dengan tabel lainnya guna menghubungkan data-data yang terdapat pada satu tabel dengan tabel lainnya. Adapun rancangan hubungan antar tabel database yang digunakan pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang PembangunanGMIH Eliem Balisoan dapat dilihat pada gambar 4.1 dihalaman berikut:
Tabel 4.1 Relasi Tabel

4.3.11.  Rancangan Layout
Layout adalah penyususnan dari elemen-elemen desai yang berhubungan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistik. Hal ini bisa juga disebut manajemen bentuk dan bidang. Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi  komunikatif dalam sebuah cara yang dapat membudahkan pembaca menerima informasi yang sajikan.
Dalam desain sistem informasi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan pada jemaat GMIH lim Balisoan, layoutnya dibuat simpel dan praktis untuk membudahkan pengguna dalam mengoperasikannya dan dalam membaca informasi atau laporan yang tersedia pada sistem tersebut. Terdapat tujuh tata layout yang penulis sediakan pada penjelasan dibawah ini, yaiitu menu utama, jurnal umum, iuran tahunan, laporan kas, data anggota, pengeluaran kas, dan user password.
4.3.11.1.     Rancangan Layout Menu Utama
Rancangan layout menu utama merupakan tampilan desain gambar yang didalamnya terdapat tulisan Sistem Informasi Pembayaran Dan Pengeluaran Uang Pembangunan Pada Jemaat GMIH Elim Balisoan pada bagian atas, serta tulisan GMIH Elim Balisoan pada bagian tengah. Dibagian kanan dari laptop terdapat menu, home, pembayaran, pengeluaran, laporan, dan pengaturan.
Gambar 4.12 Layout menu utama
4.3.11.2.     Rancangan Layout Data Anggota
Desain layout data anggota menyajikan informasi soal data data anggota yang telah diinput oleh admin. Ada juga tampilan menu tambah untuk menambah data anggota, menu edit unutk mengedit data anggota, menu hapus untuk mengahapus nama data anggota. Dan juga terdapat kata kunci pencarian yang memudahkan admin dalam mencari nama nama anggota yang ingin dicari. Dibagian tengah sebelah kiri terdapat pilihan untuk mencetak daftar nama nama anggota beserta alamat dan nomor telepon.
Gambar 4.13. Layout data anggota
4.3.11.3.     Rancangan Layout Pengeluaran Uang Pembangunan
Tidak jauh berbeda dengan layout pada data anggota, layout pengeluaranpun kurang lebih sama yaitu memiliki menu tambah, edit, hapus, keluar, cetak daftar anggota, dan kata kunci. Untuk uraian pengeluaran kas sendiri meliputi item tanggal pengeluaran, uraian pengeluaran, dan jumlah nominal pengeluaran.
Gambar 4.14. Layout Pengeluaran uang pembangunan
4.3.11.4.     Rancangan Layout laporan Jurnal Umum
Desain layout jurnal umum menyediakan laporan keuangan secara keseluruhan baik itu dari setoran anggota sidi dan juga pengeluaran yang dilakukan. pada laporan yang tersedia, terdapat tanggal setoran atau pengeluaran, keterangan, debet dan juga kredit.
Gambar 4.15. Layout laporan jurnal umum
4.3.11.5.     Rancangan Layout laporan Kas
Rancangan Layout laporan kas, berisi tentang informasi pengeluaran kas yang terjadi saat transaksi berlangsung. Dalam rincian laporan terdapat post  pendapatan, biaya-biaya, dan total saldo akhir.
Gambar 4.16. Layout laporan kas
4.3.11.6.     Rancangan Layout User And Password
Layout user dan password management merupakan gambaran awal menu yang memiliki fungsi untuk mengatur kata sandi apabila admin ingin menggantinya. Layout ini juga menampilkan daftar user dan password yang ada pada sistem.
Gambar 4.17. Layout user and password management
4.3.11.7.     Rancangan Layout Iuran Tahunan
Rancangan Layout pada memiliki beberapa pilihan yang itu tambah, edit, hapus, keluar, dan juga kata kunci. Disini admin dapat mengatur iuran anggota dalam hitungan per satu tahun. Apabalia ditahun berikutnya terjadi perubahan iuran, maka admin juga bisa mengaturnya kembali.
Gambar 4.18.  Layout Iuran tahunan
4.3.12.  Rancangan File Database dan Tabel Data (Basis Data)
Sebelum kita membuat program pengolahan database, ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya membuat file database dan table. File database yang akan diakses dapat dibuat dariMicrosoft Access, atau dibuat langsung dalam Borland Delphy yakni Database Desktop maupun menggunakan komponen database lainnya.Dalam perancangan ini, database yang akan digunakan pada Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan yakni menggunakan Microsoft Access, Mengingat kelebihan database ini tidak memerlukan alias sehingga walaupun tanpa install shield, program ini dapat berjalan dengan baik.
4.3.12.1.     Rancangan Tabel Iuran
Rancangan tabel Iuran digunakan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan penetapan iuran anggota jemaat yakni diantaranya data identitas iuran anggota (wid), tahun penetapan iuran anggota dan besaran jumlah iuran anggotayang dibayar oleh anggota jemaat. Berikut rancangan dari tabel database Iuran :
Tabel 4.2. Tabel Iuran

4.3.12.2.     Rancangan Tabel Anggota
Rancangan tabel anggota digunakan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan data-data anggota jemaat yakni diantaranya data identitas jemaat (Aid), Nama, Alamat, dan Telp. Berikut rancangan dari tabel database anggota dapat dilihat pada tabel 4.7.2 dihalaman berikut:
Tabel 4.3.  Tabel Anggota


4.3.12.3.     Rancangan Tabel Setoran
Rancangan tabel Setoran digunakan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan data pembayaran iuran anggota diantaranya data identitas penerimaan (id), identitas kas (uid), identitas uraian (wid), identitas anggota (aid), tanggal, jumlah setoran, dan keterangan. Berikut rancangan dari tabel database setoran .
Tabel 4.4.  Tabel Setoran

4.3.12.4.     Rancangan Tabel Pengeluaran
Rancangan tabel pengeluaran digunakan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan pengeluaran kas diantaranya data identitas pengeluaran (id), identitas kas (uid), identitas pengeluaran (pid), tanggal, uraian pengeluaran, dan jumlah pengeluaran. Berikut rancangan dari tabel database pengeluaran dihalaman berikut.
Tabel 4.5.  Tabel Pengeluaran
4.3.12.5.     Rancangan Tabel Logon
Pada rancangan tabel login ini digunakan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan pengguna atau user dan hak akses penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pembayaran dan Pengeluaran Uang Pembangunan, adapun data yang disimpan pada tabel ini yakni nama user, password user serta hak akses yang digunakan untuk masuk ketika akan menggunakan program. Berikut rancangan dari tabel logon.
Tabel 4.6.  Tabel Logon

BAB V
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Tahap implementasi sistem merupakan tahap dimana perancangan perangkat lunak direalisasikan dengan program atau unit program. Pengujian ini melibatkan verifikasi bahwa setiap unit telah memenuhi spesifikasinya.
5.1.       Implementasi menu utama.
Gambar 5.1. Menu Utaman
                Tabel 5.1.  Skenario implementasi menu utama

Nama Proses
Menu utama
Skenario
pengguna diminta untuk memeilih menu-menu yang tersedia pada aplikasi yaitu, home, pembayaran, pengeluaran, laporan, dan juga pengaturan.
Hasil Yang Diharapkan
Aplikasi akan menampilkan sub-sub menu dan menampilkan interface yang dipilih, tetapi sebelum itu pengguna harus melakukan login terlebih dahulu.

5.2.       Implementasi Menu Login
Gambar 5.2. Menu Login
Tabel 5.2.  Implementasi menu login
Nama Proses
login
Skenario
Apabila admin memasukan username dan passwor  yang salah.
Hasil Yang Diharapkan
Sistem akan menolak untuk masuk ke setiap sub-sub menu yang dipilih. Dan pengguna diminta untuk melakukan login kembali

5.3.       Implementasi Menu Login Yang Benar
Gambar 5.3. Menu login yang benar

Tabel 5.3. Implementasi menu login yang benar
Nama Proses
login
Skenario
Apabila admin memasukan username dan passwor  yang benar.
Hasil Yang Diharapkan
Sistem akan menerima dan langsung menampilkan menu yang sesuai dengan pilihan dari admin.


5.4.       Implementasi Menu Data Anggota
Gambar 5.4. Menu data anggota
Tabel 5.4. Implementasi menu data anggota
Nama Proses
Data anggota
Skenario
1.    Untuk menambahkan data anggota maka admin harus menekan tombol tambah, maka akan tersedia form untuk mengisi data anggota. Jika ingin mengedit data anggota, maka admin harus memilih nama anggota yang akan diedit, kemudian menekan tombol edit. Untuk menghapus data anggota, maka admin harus memilih nama anggota yang mau dihapus kemudian menekan tombol hapus.
2.    Untuk membatalkan proses penambahan anggota, pengeditan anggota, dan pengahapusan anggota, maka admin cukup menekan tombol keluar.
3.    Untuk mencetak daftar anggota maka harus menekan tombol cetak daftar.
4.    Untuk mencari nama anggota berdasarkan kategori abjad, maka admin menekan mengisi nama yang ingin dicari pada kolom kata kunci
Hasil Yang Diharapkan
1.    Data yang dinput dapat tersimpan kedalam daftar nama-nama anggota. Dan data anggota yang telah diedit dapat tersimpan kembali item-item perubahan kedalam daftar nama anggota. Kemudian data yang dihapus akan dihilangkan dari daftar nama-nama anggota.
2.    Sistem akan menutup jendela informasi soal data anggota.
3.    Sistem akan menampilkan daftar nama anggota, alamat, dan nomor telepon yang siap diprint out.
4.    Sistem akan menampilkan nama yang ingin dicari berdasarkan dengan kata kunci yang telah ditulis
5.5.       Implementasi Pembayaran Iuran Anggota
Gambar 5.5. Pembayaran iuran anggota
Tabel 5.5. Implementasi menu pembayaran iuran anggota
Nama Proses
Pembayaran Iuran Anggota
Skenario
1.  Untuk melihat pembayaran iuran anggota, maka pengguna harus menekan tombol klik kanan.
2.  Untuk mencatat setoran yang diberikan oleh anggota sidi, maka admin harus menekan tombol tambah. Jika ingin mengedit pembayaran iuran anggota yang mungkin mengalami kesalahan, maka admin menekan tombol edit, begitu juga apabila admin ingin menghapus data anggota.
3.  Jika admin ingin mencetak daftar nama nama anggota yang telah menyetor uang pembangunan, maka admin menekan tombol cetak daftar.
Hasil Yang Diharapkan
1.       Sistem secara otomatis akan membuka form pengisihan pembayaran iuran anggota.
2.       Sistem dapat menyimpan setoran anggota yang baru ditambah kedalam database, sistem dapat menyimpan data yang telah diedit oleh admin, dan sistem dapat menghapus data setoran anggota yang dipilih oleh admin.
3.       Sistem akan menampilkan secara terperinci laporan setoran anggota sidi, berapa sisa setoran anggota sidi yang belum lunas, beserta dengan keterangan lengkap yang telah melunasi dan belum melunasi.
5.6.       Implementasi Pengeluaran Uang Pembangunan
Gambar 5.6. Pengeluaran uang Pembangunan
Tabel 5.6. Implementasi menu pengeluran uang pembangunan
Nama Proses
Pengeluaran Uang Pembangunan
Skenario
1.       Jika admin mencatat transaksi pengeluaran yang terjadi maka menekan tombol tambah. Untuk merubah pengeluaran yang menurut admin telah terjadi kesalahan maka admin menekan tombol edit. Dan apabila admin ingin menghapus data pengeluaran maka menekan tombol hapus.
2.       Jika admin ingin mencetak laporan pengeluaran, maka menekan tombol cetak daftar.
3.    Untuk mempermudah mencari jenis pengeluaran, maka admin memasukan jenis pengeluaran berdasarkan abjad pada kolom kata kunci.
Hasil Yang Diharapkan
1.    Sistem akan menampilkan kolom untuk mengisi uraian pengeluaran, jumlah pengeluaran, dan sisa saldo terbawa. Sistem secara otomatis akan menyimpan data yang telah ditambahkan, atau diedit, dan sistem akan menghapus data yang telah dipilih untuk dihapus.
2.    Sistem akan menampilkan data pengeluaran uang pembangunan yang dappat dijadikan sebagai laporan.
3.    Sistem akan mennampilkan informasi terkait dengan data yang akan dicari berdasarkan kata kunci.

5.7.       Implementasi Laporan Jurnal Umum
Gambar 5.7. Laporan jurnal umum
Tabel 5.7. Implementasi menu laporan jurnal umum

Nama Proses
Jurnal Umum
Skenario
Jika admin diminta untuk melihat laporan jurnal umum dan mencetaknya, maka admin harus mengklik pada menu jurnal umum
Hasil Yang Diharapkan
Sistem secara otomatis akan menampilkan informasi laporan jurnal umum secara rinci beserta dengan tanggal transaksi, keterangan, debet dan kredit

5.8.       Implementasi Laporan Kas
Gambar 5.8. Laporan Kas
Tabel 5.8. Implementasi menu laporan kas
Nama Proses
Laporan Kas
Skenario
Jika admin diminta untuk melihat laporan Kas dan mencetaknya, maka admin harus mengklik pada menu laporan kas
Hasil Yang Diharapkan
Sistem secara otomatis akan menampilkan informasi laporan kas secara rinci beserta dengan tanggal transaksi, keterangan, debet dan kredit

5.9.       Implementasi User And Password
Gambar 5.9. User And Password
Tabel 5.9. Implementasi menu user and password management
Nama Proses
Username and password management
Skenario
Jika admin diminta untuk menambah, merubah, atau menghapus username atau password  maka admin harus menekan tombol tmbah, edit, dan juga hapus.
Hasil Yang Diharapkan
Sistem akan membuka kolom untuk bisa langsung mengisi username,  password, dan level user/pengguna. Setelah itu secara otomatis sistem akan menyimpannya kedalam database, dan admin sudah dapat menggunakan username dan password yang baru.

5.10.   Implementasi Iuran Tahunan
Gambar 5.10. Iuran Tahunan
        Tabel 5.10. Implementasi menu Iuran Tahunan
Nama Proses
Iuran Tahunan
Skenario
Admin diminta untuk melakukan setingan awal soal iuran anggota yang diakumulasi dalam satu tahun berjalan. Ada opsi untuk tambah, edit, dan hapus. Dan keluar.
Hasil Yang Diharapkan
Sistem akan menampilkan kolom yang harus diisi oleh admin untuk melakukan pengaturan harga iuran anggota dan tahun berjalan. Jika terjadi kesalahan maka, admin dapat mengeditnya dan secara otomatis sistem akan menyimpan.


BAB VI
PENUTUP
Berdasarkan uraian pembahasan yang telah dijelaskan diatas maka dapat ditarik kesimpulan dan saran sebagai berikut :
6.1.       Kesimpulan
Setelah melakukan pembahasan dan pengkajian tentang pembuatan program sistem informasi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan pada jemaat GMIH Elim Balisoan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.        Setelah penulis melakukan penelitian pada jemaat GMIH Elim balisoan terkait dengan pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan, ternyata sistem yang digunakan masih dilakukan dengan cara konvensional atau manual. Oleh karena itu, dengan dibuatnya sistem yang baru menggunakan borland deplhi 7 diharpkan mampu menjawab kebutuhan panitia pembangunan dalam hal ini admin atau bendahara untuk melaksanakan dan membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya.
2.      Panitia pembangunan Jemaat GMIH Elim Balisoan dapat dengan mudah mendapat informasi soal anggota-anggota sidi yang telah membayar iuran pembangunan baik yang telah lunas ataupun belum lunas lengkap dengan rincian keterangannya.
3.      Sistem informasi pembayaran dan pengeluaran uang pembangunan menggunakan borland delphi 7 dirancang sesederhana mungkin dan mudah untuk digunakan.
6.2.       Keterbatasan Dan Saran Untuk Penelitian Mendatang
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam penelitian yang dilakukan. Menurut peneliti, ada tiga kelemahan atau kekurangan dari sistem informasi pengelolaan uang pembangunan yang dibuat oleh penulis. Antara lain.
1.        Belum adanya laporan perbulan dari setiap transaksi pembayaran    anggota sidi.
2.        Belum adanya laporan enam bulan sekali.
3.        Dan juga laporan keseluruhan dalam satu tahun berjalan.
Oleh karena itu apabila dikemudian hari ada peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sama, maka diharapkan mereka mampu melengkapi keterbatasan pada penelitian saat ini, yaitu dengan menambahkan laporan yang lebih rinci yang terdiri dari laporan keuangan perbulan, enam bulan, dan juga dalam satu tahun agar supaya penyajian laporan pengelolaan uang pembangunan dalam hal transaksi pembayaran dan pengeluaran bisa disajikan lebih lengkap dan terpererinci.

DAFTAR PUSTAKA
Mohamad Subhan (2012:109) Analisa Perancangan Sistem 
Al-Bahra Bin Ladjamudin (2005:39) Analisis dan Desain Sistem Informasi Yogyakarta : Graha Ilmu
Kusrini dkk (2007:79) Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server
Yakub (2012:1)  Pengantar Sistem Informasi 
Yogyakarta : Graha Ilmu
Rudy Tantra (2012:1)  Manajemen Proyek Sistem Informasi 
Mohamad Subhan (2012:17)  Analisa Perancangan Sistem
Muharto, Arisandy Ambarita (2016), M.Kom, Metodologi penelitian sistem informasi, Deepublish Yogyakarta 
Rudy Tantra (2012:2) Manajemen Proyek Sistem Informasi 
Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Andri Kristanto. (2008).  Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta.
Sutabri, Tata. S.Kom,MM, (2004). Analisa Sistem Informasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.
Andri Kristanto. (2008).  Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta.
Krismiaji, (2010). Sistem Informasi Akuntansi, UMP YKPN, Yogyakarta.
Wahana komputer, (2007), Menjadi seorang proogramer, Andi Offset, Yogyakarta
Kamus besar bahasa Indonesia online (KBBI online) Pdt, Hofni Parmino, S.Th.

LAMPIRAN I

RENCANA JADWAL PENELITIAN
A.           Tahap-tahap penelitian yang akan dilakukan:
1.    Pengumpulan data
2.    Pengolahan data
3.    Analisis sistem
4.    Rancangan sistem
5.    Pengujian sistem
6.    Implementasi
B.            Rincian kegiatan,target luaran dan alokasi untuk setiap tahap:
Keterangan
Februari
Maret
April
Mei
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Pengumpulan data















Analisis sistem
















Rancangan sistem
















Implementasi
















Pengujian sistem





























LAMPIRAN II
SOURCE CODE
Source Code Menu Utama
implementation

uses Modul, FAngg, FMPG, FIuran, FPwd;

{$R *.dfm}

procedure TMenu.FormShow(Sender: TObject);
begin
   suiDbresult(dm);IGetYear(dm.Qiuran,date);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections0Items0Click(Sender: TObject);
begin
   LogoutExecute(self);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections1Items0Click(Sender: TObject);
begin
   Vlogin(Logid,Fa);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections2Items0Click(Sender: TObject);
begin
   Vlogin(Logid,Fpg);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections4Items1Click(Sender: TObject);
begin
   Vlogin(Logid,Fi);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections4Items0Click(Sender: TObject);
begin
   Vlogin(Logid,FUser);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections3Items1Click(Sender: TObject);
begin
   if Vlogin(Logid,nil) then suiReport(dm.Laporan,'frkas.fr3',nil,dm.QStr,0);
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections3Items0Click(Sender: TObject);
begin
   if Vlogin(Logid,nil) then suiReport(dm.Laporan,'frju.fr3',nil,dm.QStr,0);
end;

procedure
TMenu.FormCloseQuery(Sender: TObject; var CanClose: Boolean);
begin
   CanClose := false;
end;

procedure
TMenu.bsSkinButtonsBar1Sections0Items1Click(Sender: TObject);
begin
             if IVMsg('Yakin Akan Keluar ?',2,1,2,nil,dm.Msg1) then Application.Terminate;
end;

procedure TMenu.LoginExecute(Sender: TObject);
begin
   lgn.Item1Text:='';lgn.Item2Text:=''; if lgn.ShowModal = mrcancel then Abort;
   if not iLogin(dm.QL,lgn.Item1Text,lgn.Item2Text) then
     IVMsg('Maaf User atau Password Anda Salah Silahkan Coba Lagi',3,3,1,nil,dm.Msg1);
end;

procedure TMenu.LogoutExecute(Sender: TObject);
begin
   if Vlogin(Logid,nil) then
   begin
       IForm(Fa,Fi,Fpg,FUser);
       iLogin(dm.QL,'','');
   end;
end;

Function TMenu.Vlogin(id:byte;Formx:TForm):Boolean;
begin
   if Formx = FUser then with dm do if not iValid(QL,AdmPwd,Logid) then Abort;
   if Formx = FI then with dm do if not iValid(QL,AdmPwd,Logid) then Abort;
   if id <> 0 then
   begin
      Result := True;
      if Formx <> nil then IParent(Formx,Gb1);
   end
   else
   begin
      IVMsg('Maaf Anda Harus Login Terlebih Dahulu',1,3,1,nil,dm.Msg1);
      Result := False;
      Login.Execute;
   end;
end;
end.













Source code Menu angota

Implementation

uses Modul, FMStr;

{$R *.dfm}
procedure TFa.bsSkinEdit1Change(Sender: TObject);
begin
   Edit.Enabled := IFilter(dm.QAng,bsSkinEdit1,'nm',bsSkinSpeedButton1);
end;

procedure TFa.TambahExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(Fa,dm.QAng,True,nm);
end;

procedure TFa.EditExecute(Sender: TObject);
begin
   if not iValid(dm.ql,dm.AdmPwd,logid) then Abort;
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(Fa,dm.QAng,False,nm);
end;

procedure TFa.SimpanExecute(Sender: TObject);
begin
   IFind('Maaf Pemohon Sudah Terdaftar',dm.QAngKey,dm.QAng,nm,alm,hp,Batal,dm.Msg1);
   iWord(alm);IF IVMsg('Yakin Data %s Sudah Benar..!!',2,1,2,nm,dm.Msg1) then
   with dm do IPost(QAng,nil,nil,Batal,1,Msg1);
end;

procedure TFa.HapusExecute(Sender: TObject);
begin
   if not iValid(dm.ql,dm.AdmPwd,logid) then Abort;
   suiDel(dm.QAng,'Yakin data anggota %s akan dihapus..??',nm,dm.Msg1);
end;

procedure TFa.BatalExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2, Tlb1,True);suiClean(Fa,TbsSkinEdit,dm);
end;

procedure TFa.PrintExecute(Sender: TObject);
begin
   suiReport(dm.Laporan,'frAng.fr3',bsSkinEdit1,nil,0);
end;

procedure TFa.KeluarExecute(Sender: TObject);
begin
   Close;
end;

procedure TFa.BayarIuran1Click(Sender: TObject);
begin
   IParent(FStr,gb2);
end;

procedure TFa.nmKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
    if not IFocus(Key,alm,1) then key:=#0;
end;

procedure TFa.almKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
 if not IFocus(Key,hp,2) then key:=#0;
end;

procedure TFa.hpKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
    if key = #13 then bsSkinButton1.SetFocus;
    if not IFocus(Key,nil,3) then key:=#0;
end;

end.

Source Code Data Modul
Implementation
{$R *.dfm}
procedure Tdm.QStrKeteranganGetText(Sender: TField; var Text: String;
 DisplayText: Boolean);
begin
//   Text := Copy(QStrKeterangan.AsString, 1, 12);
end;

Procedure Tdm.QRefresh(DataSet: TDataSet);
Begin
   IRefresh(QTStr,QT,QKas);
End;
procedure Tdm.DataModuleDestroy(Sender: TObject);
begin
   ADOConnection1.Close;
end;

procedure Tdm.DataModuleCreate(Sender: TObject);
begin
   IQuery(QStr,QTStr,QT,QKas,QDetail);
end;

end.

Source Code Form Iuran

Implementation

uses Modul;

{$R *.dfm}
procedure TFi.bsSkinEdit1Change(Sender: TObject);
begin
   Edit.Enabled := IFilter(dm.Qiuran,bsSkinEdit1,'thn',bsSkinSpeedButton1);
end;
procedure TFi.TambahExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(Fi,dm.Qiuran,True,thn);
end;
procedure TFi.EditExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(Fi,dm.Qiuran,False,thn);
end;

procedure TFi.SimpanExecute(Sender: TObject);
begin
   IF IVMsg('Yakin Jumlah Setoran %s Sudah Benar..!!',2,1,2,thn,dm.Msg1) then
   with dm do IPost(Qiuran,nil,nil,Batal,1,Msg1);
end;

procedure TFi.HapusExecute(Sender: TObject);
begin
   suiDel(dm.Qiuran,'Yakin data iuran tahun %s akan dihapus..??',thn,dm.Msg1);
end;

procedure TFi.BatalExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2, Tlb1,True);suiClean(Fi,TbsSkinEdit,dm);
end;
procedure TFi.KeluarExecute(Sender: TObject);
begin
   Close;
end;
end.

Source Code Slescren

Implementation

uses Modul;
{$R *.dfm}
procedure TFLg.WaktuTimer(Sender: TObject);
begin
IProses(bsSkinGauge1);sleep(500);
Waktu.Enabled := False;
end;
procedure TFLg.FormShow(Sender: TObject);
begin
   sndPlaySound('about.wav',SND_ASYNC);
end;

end.



Source Code Pengeluaran Kas

Implementation

uses Modul, FMStr;

{$R *.dfm}
procedure TFpg.bsSkinEdit1Change(Sender: TObject);
begin
   Edit.Enabled := IFilter(dm.QPeng,bsSkinEdit1,'uraian',bsSkinSpeedButton1);
end;

procedure TFpg.TambahExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(Fpg,dm.QPeng,True,ur);
end;

procedure TFpg.EditExecute(Sender: TObject);
begin
   if not iValid(dm.ql,dm.AdmPwd,logid) then Abort;
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(Fpg,dm.QPeng,False,ur);
   IRestore(kas,dm.QT,dm.QPeng);
end;
procedure TFpg.SimpanExecute(Sender: TObject);
begin
   if IVdMsg('Maaf Pengeluaran Melebihi Saldo Penerimaan',jml,kas,dm.QPeng,dm.Msg1) then Abort;
   IF IVMsg('Yakin Data %s Sudah Benar..!!',2,1,2,ur,dm.Msg1) then IPost(dm.QPeng,nil,nil,Batal,3,dm.Msg1);
end;

procedure TFpg.HapusExecute(Sender: TObject);
begin
   if not iValid(dm.ql,dm.AdmPwd,logid) then Abort;
   suiDel(dm.QPeng,'Yakin data anggota %s akan dihapus..??',ur,dm.Msg1);
end;
procedure TFpg.BatalExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2, Tlb1,True);suiClean(Fpg,TbsSkinEdit,dm);
end;
procedure TFpg.PrintExecute(Sender: TObject);
begin
   suiReport(dm.Laporan,'frpg.fr3',bsSkinEdit1,nil,0);
end;

procedure TFpg.KeluarExecute(Sender: TObject);
begin
   Close;
end;
procedure TFpg.BayarIuran1Click(Sender: TObject);
begin
   IParent(FStr,gb2);
end;

procedure TFpg.urKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
   if not IFocus(Key,jml,2) then key:=#0;
end;

procedure TFpg.jmlKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
      if key = #13 then bsSkinButton1.SetFocus;
end;
end.

Source Code Pembayaran Iuran Anggota

Implementation
uses Modul;
{$R *.dfm}
procedure TFStr.TambahExecute(Sender: TObject);
begin  if IMsg('Maaf Anggota Sudah Menyelesaikan Pembayaran',nil,dm.QTStr,dm.Msg1) then Abort;
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(FStr,dm.QStr,True,str);
end;
procedure TFStr.EditExecute(Sender: TObject);
begin
   if not iValid(dm.ql,dm.AdmPwd,logid) then Abort;
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(FStr,dm.QStr,False,str);
end;
procedure TFStr.SimpanExecute(Sender: TObject);
begin
   IF IVMsg('Yakin Jumlah Setoran %s Sudah Benar..!!',2,1,2,str,dm.Msg1) then with dm do IPost(QStr,QTStr,Qiuran,Batal,2,Msg1);
end;
procedure TFStr.HapusExecute(Sender: TObject);
begin
   if not iValid(dm.ql,dm.AdmPwd,logid) then Abort;
   suiDel(dm.QStr,'Yakin Jumlah Setoran %s akan dihapus..??',str,dm.Msg1);
end;
procedure TFStr.BatalExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2, Tlb1,True);
   dm.QStr.Cancel;
end;
procedure TFStr.PrintExecute(Sender: TObject);
begin
   suiReport(dm.Laporan,'frw.fr3',nil,nil,0);
end;
procedure TFStr.strKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
   if key = #13 then bsSkinButton1.SetFocus;
end;
procedure TFStr.KeluarExecute(Sender: TObject);
begin
   Close;
end;
end.

Source Code User Dan Password Management
implementation

uses Modul;

{$R *.dfm}
procedure TFUser.TambahExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(FUser,dm.QL,True,usr);
end;

procedure TFUser.EditExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2,Tlb1,False);IAdd(FUser,dm.Ql,False,usr);
end;

procedure TFUser.SimpanExecute(Sender: TObject);
begin
   IF IVMsg('Yakin data user %s Sudah Benar..!!',2,1,2,usr,dm.Msg1) then
   with dm do IPost(Ql,nil,nil,Batal,1,Msg1);
end;

procedure TFUser.HapusExecute(Sender: TObject);
begin
   suiDel(dm.Ql,'Yakin user %s akan dihapus..??',usr,dm.Msg1);
end;

procedure TFUser.BatalExecute(Sender: TObject);
begin
   iMTools(GFilter,GB1,gb2, Tlb1,True);suiClean(FUser,TbsSkinEdit,dm);
end;

procedure TFUser.KeluarExecute(Sender: TObject);
begin
   Close;
end;

end.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar