Minggu, 25 Oktober 2015

MAKALAH PEMROGRAMAN BERBASIS WEB I


MAKALAH PEMROGRAMAN BERBASIS WEB I
DOSEN : FAUZI S.KOM






 




Disusun Oleh :

Nama              : Endriyano Simpader
Jurusan          : Manajemen Informatika
Mata Kuliah : Pemrograman Berbasis Web I



POLITEKNIK SAINS & TEKNOLOGI
WIRATAMA
MALUKU UTARA






Kata Pengantar

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul "Pemograman Berbasis Web."
            Makalah ini berisikan tentang informasi Perbedaan Aplikasi Berbasis Web dengan Aplikasi Berbasis Internet Serta Contoh-Contoh Aplikasi Internet. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Pemograman Berbasis Web
            Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
            Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.
Amin.
Ternate, 16  September 2015







i

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………………….
            BAB I  : PENDAHULUAN………………………………………………………………………..
            BAB II : PEMBAHASAN…………………………………………………………………………..
A.    Perbedaan aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis Dekstop......................................
B.     Contoh Aplikasi Berbasis Dekstop.........................................................................................................
            BAB III : PENUTUP………………………………………………………………………………..
A.    Kesimpulan.............................................................................................................................................................
B.     Daftar Pustaka.....................................................................................................................................................


















ii
BAB I
PENDAHULUAN

            Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang supercepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu.
            Sistem pengaksesan informasi dalam internet yang paling terkenal adalah World Wide Web (WWW) atau biasa dikenal dengan istilah Web telah berkembang dengan sangat pesat sehingga dapat melampaui kecepatan perkembangan teknologi lainnya di dunia. Internet dan Web juga berkembang pesat dalam hal jangkauan dan luas bidang kegunaan yang secara nyata mempengaruhi beberapa aspek kehidupan. Segala bidang kehidupan turut merasakan dampak dari perkembangan yang terjadi. Bidang  Industri, Biro perjalanan, Rumah sakit, Perbankan, Pendidikan dan Pemerintahan menggunakan Web untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam menjalankan fungsinya.
            Penggunaan internet saat ini hampir dapat ditemui pada setiap lapisan masyarakat.  Sebagian  besar perangkat media informasi seperti handphone atau komputer telah terkoneksi dengan jaringan internet. Oleh karena  itu , aplikasi-aplikasi yang kini muncul dan berkembang pun dirancang agar dapat dijalankan menggunakan media internet.
            Beberapa contohnya yaitu aplikasi perpustakaan, Aplikas pengadaan barang, Aplikasi kepegawaian, bahkan aplikasi yang sedang menjadi trend seperti Facebook, twitter, Yahoo mail dan Gmail. Sedangkan pada  aplikasi yang berbasis web, yang harus dilakukan cukup dengan menyalakan browser lalu memanggil alamat lokasi aplikasi itu, dirasa lebih mudah dengan mengurangi resiko kehilangan program karena virus dan lain-lain.




                                                                     BAB II
PEMBAHASAN
A.      Perbedaan aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis dekstop.
1.    Aplikasi Berbasis Web
            Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui internet atau intranet, dan pada sekarang ini ternyata lebih banyak dan lebih luas dalam pemakaiannya. Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan Aplikasi Berbasis Web dalam merencanakan sumber daya mereka dan untuk mengelola perusahaan mereka.
            Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk membuat invoice dan memberikan cara yang mudah dalam penyimpanan data di database. Aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk mengatur persediaan; karena fitur tersebut sangat berguna khususnya bagi mereka yang berbisnis ritel. Bukan hanya itu, Aplikasi Berbasis Web juga dapat bekerja memonitoring sistem dalam hal tampilan. Bahkan jumlah dari Aplikasi Berbasis Web sudah tak terhitung lagi, yakni dapat di desain dan disesuaikan untuk berbagai jenis industri.
            Selain fungsi-fungsi tersebut, salah satu keunggulan kompetitif dari Aplikasi Berbasis Web adalah bahwa aplikasi tersebut ‘ringan’ dan dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet atau intranet ke server. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengakses data atau informasi perusahaan mereka melalui laptop, smartphone, atau bahkan komputer PC di rumah mereka dengan mudah, tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop di mana pengguna harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data / informasi.

  Kelebihan:
1)        Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.2
2)        Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
3)        Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.
4)        Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
5)        Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.

  Kelemahan:
1)        Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancer.
2)        Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.

2. Aplikasi Berbasis Desktop
Pemrograman Visual Berbasis Desktop adalah pemrograman yang di lakukan dengan memanipulasi elemen-elemen visual yang di lakukan pada sebuah PC tunggal yang pengoperasiannya tidak bergantung pada PC lain dalam jaringan maupun web.


– Visual Basic : Visual Basic merupakan pemrograman visual berbasis desktop

Keunggulan
  1. Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
  2. Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
  3. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  4. Prosesnya lebih cepat.
Kekurangan
  1. Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
  2. Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
  3. Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
  4. Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.
B.     Contoh Aplikasi Berbasis Dekstop
·
- .Net
- Java
- Delphi.
- PYTHON
- PERL
- Bahasa pemrograman C
- Bahasa pemograman VISUAL C++
- Bahasa pemograman C++


1. NET
NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yang memiliki ruang lingkup besar dan kompleks.


*Kelebihan .Net yaitu memungkinkan kita membuat aplikasi windows base yang di launch melalui Internet Explorer sehingga kita dapat memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web.
*Kekurangannya terlalu boros memori.

Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp (C #):

2. JAVA
Java’ adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh sun microsystem dan diterbitkan tahun 1995. Fitur pada Java yaitu Java virtual machine (jvm), garbage collection, code security.

*Kelebihan dari Java adalah multiplatform, perpustakaan kelas yang lengkap, bergaya C++, pengumpulan sampah otomatis.
*Kekurangan Java adalah tulis sekali, perbaiki di mana saja, mudah didekompilasi, penggunaan memori yang banyak.

3. DELPHI
DELPHI adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program / aplikasi komputer berbasis windows. Bahasa pemograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek.
*Keuntungan dari DELPHI yaitu komunitas pengguna yang besar pada usenet maupun web, dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning, banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging), optimasi kompiler yang cukup cepat, mendukung multiple platform dari source code yang sama.
*Kekurangan dari DELPHI adalah partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya), terbatasnya kamampuan portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix), akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal, dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32).


4. PYTHON
Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.


5. PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.




6 .Bahasa pemrograman C
Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.


7. Bahasa pemograman VISUAL C++
Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untukbahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio

8. Bahasa pemograman C++
C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.







           










BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya sedangkan aplikasi berbasis web aplikasi yang djalankan melalui browser dengan hanya melakukan sekali install pada webserver dan dapat diakses dimanapun selama terdapat koneksi internet.
            Aplikasi berbasis Internet menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokol sendiri, aplikasi berbasis internet di sisi server berkomunikasi langsung dengan client dan aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain sedangkan aplikasi berbasis web menggunakan protokol HTTP, aplikasi berbasis web di sisi server berkomunikasi dengan client melalui web serverdan aplikasi di sisi client umumnya berupa web browser.

            So, Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasis Internet (web client/server software).














DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar